Rabu, 27 Mac 2019

Hadis Palsu: Berubat Dengan Air Hujan


Teks Hadis:

Diriwayatkan bahwa Nabi Muhammad bersabda: Jibril mengajariku sebuah obat yg tdk usah butuh pd obat lain dan dokter.

Kemudian Sahabat Abu Bakar, Umar, Utsman dan Ali, bertanya Obat apa itu wahai Rasulullah? Sesungguhnya kami membutuhkan obat itu, Lalu Nabi Muhammad bersabda : Ambillah sedikit air hujan dan bacakanlah surat Al-Fātihah, Al-Ikhlash, Al-Falaq, An-Nās, dan ayat Al-Kursiy. Masing² dibaca sebanyak 70X. Dan diminum waktu pagi dan sore selama 7 hari.

Demi Dzat yg telah mengutusku dg hak sbagai seorang Nabi, sungguh Jibril telah berkata kepadaku: ” Sesungguhnya, barangsiapa yg minum air tersebut, maka Allah akan menghilangkan segala penyakit dari tubuhnya dan Allah akan menyembuhkan dari semua sakit dan penyakit, dan barang siapa yg meminumkan air tersebut pd istrinya, lalu tidur bersamanya, maka istri akan bisa hamil dg idzin Allah.

Dan air tersebut jg bisa menyembuhkan mata, menghilangkan sihir, menghilangkan dahak, menyembuhkan sakit dada, sakit gigi, pencernaan, sembelit, kencing tidak lancar dan tidak butuh dibekam (cantuk) dan banyak kemanfaatan lain yg tak dpat menghitungnya kecuali Allah Ta'ala.


Ulasan:

Tidak ditemui sumber asal bagi riwayat ini dalam mana-mana rujukan hadis bersanad karangan ulama Ahli Sunnah Wal Jama'ah. 

Sesuatu hadis perlu dibuktikan kewujudannya dalam kitab-kitab hadis bersanad. Jika tidak dapat dibuktikan maka ia dianggap sebagai riwayat yang tidak ada asal baginya (la asla lahu). Ini adalah disiplin yang perlu dipatuhi di sisi ulama hadis. 

Kewujudannya dalam kitab al-Nawadir karangan al-Qalyubi adalah tidak memadai kerana kitab al-Nawadir bukanlah rujukan asli hadis yang bersanad serta al-Qalyubi tidak menyatakan sumber rujukan bagi hadis ini.

Riwayat yang hampir dengannya ditemui dalam kitab Syi'ah Imamiyyah iaitu Makarim al-Akhlaq (ms. 489) karangan al-Hasan bin al-Fadl al-Thabarasi (ulama Syi'ah kurun ke-6). 

Oleh itu, ia tidak harus disebarkan dan dinisbahkan kepada Nabi sallahu 'alaihi wasallam.

Teksnya:

روي عن رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم) أنه قال: علمني جبريل (عليه السلام) دواء لا يحتاج معه إلى دواء، فقيل: يا رسول الله، ما ذلك الدواء؟ قال: يؤخذ ماء المطر قبل أن ينزل إلى الأرض ثم يجعل في إناء نظيف ويقرأ عليه " الحمد " إلى آخرها سبعين مرة و " قل هو الله أحد " والمعوذتين سبعين مرة، ثم يشرب منه قدحا بالغداة وقدحا بالعشي، قال رسول الله (صلى الله عليه وآله وسلم): والذي بعثني بالحق لينزعن الله ذلك الداء من بدنه وعظامه ومخخته وعروقه.



Tiada ulasan:

Catat Ulasan